RANCANGAN RUMUSAN BAHTSUL MASAIL
NU WONOGIRI
BULAN JULI TAHUN 2009
- PERTANYAAN
Pertanyaan : Saat wanita menstruasi tidak boleh membaca ayat-ayat Al-Qur'an, sampai dimana batas-batas ayat Al-Qur'an yang tidak boleh dibaca tersebut?
JAWAB
Ayat Al-Qur'an ada yang disebut adzkarul Qur'an dan itu boleh dibaca bagi orang yang menstruasi dengan syarat tidak niat membaca Al-Qur'an misalnya niat dzikir, contoh ketika seseorang mau naik kendaraan disunatkan membaca subhanalladzi sakhkhorolana hadza dst… ( Kitab Bajuri juz I hal.114 /Ianatuththolibin juz 1 Hal 79)
وَمَحَلُّ الْحُرْمَةِ اِنْ قَصَدَتْ القِرَأَةَ وَلَوَ مَعَ غَيْرِهَا فَاِنْ قَصَدَتْ الذِّكْرَ اَوْ اَطْلَقَتْ لمَ ْ يَحْرُمْ لِأَنَّهُ لمَ ْيُسَمّى عِنْدَ الصَّا رِفِ لِكَوْنِهَا حَا ئِضَةً اِلَّا بِالْقَصْدِ. اعانة الطالبين 1 ص 79
- PERTANYAAN
Pertanyaan : Apakah diperbolehkan bagi orang yang berkurban memakan dagingnya ?
JAWAB
Boleh, bahkan sunah, kecuali jika nadzar. Maka tidak diperbolehkan makan daging tersebut bagi orang yang berkurban dan keluarganya. ( Kitab Bajuri juz 2 Hal. 300-301 )
وَلَا يَأْ كُلُ الْمُضَحّيْ شَيْأً مِنَ الْاُضْحِيَةِ الْمَنْذُوْرَةِ.بَلْ يَجِبُ عَلَيْهِ التَّصَدُّقُ بِجَمِيْعِ لَحْمِهَا ..اِلَى اَنْ قَالَ: وَيَأْكُلُ مِنَ الْاُضْحِيَةِ الْمُتَطَوَّعِ بِهَا اي يُسَنُّ لَهُ الْأَكْلُ مِنْهَا وَيُسَنُّ اَنْ يَكُوْنَ مِنْ كَبِدِ الْاُضْحِيَةِ . باجوري.2.ص 300-301
- PERTANYAAN
Bagaimana hukum islam seorang istri mencari nafkah untuk suami dan anaknya ?
JAWAB
Jikalau si lelaki berkeyakinan, atau ada tanda-tanda bahwa si istri senang hati untuk memberi nafkah dan bekerja. Maka halal itu dimakan oleh silelaki disamakan dengan mahar yang yang disebut dalam firman Allah yang artinya ( jikalau mereka para istri senang hati untukmu maka makanlah mahar itu dengan baik dan tulus )
وَاتُواالنِّسَاءَصَدُقتِهِنَّ نِحْلَةً فَاِنْ طِبْنَ لَكُمْ عَنْ شَيْءٍمِنْهُ نَفْسًافَكُلُوْهُ هَنِيْأًمَرِيْأً (النساء 4)
- PERTANYAAN
Pertanyaan : Bagaimana hukumnya khutbah pakai tongkat ?
JAWAB
Sunah. Keterangan dari kitab Nihyatuz zain
وَأَنْ يَشْغُلَ يُسْرَاهُ بِسَيْفٍ اَوْعَصَااَوْقَوْسٍ اَوْرُمْحٍ اَىْ تَارَةًعَلَى هذَا وَتَارَةًعَلَى هَذَا.وَحِكْمَتُه الِاشَاَرَةُ اِلَى أَنَّ الدِّيْنَ قَامَ بِالسِّلَاحِ. نها يةالزين 142
- PERTANYAAN
Saya pernah dengar dalam khutbah jum'at itu ada sebagian orang di akhir khutbah memakai salam dan sedangkan yang lainnya tidak, apakah ada dasar / hadist yang menjelaskannya ?
JAWAB
Tidak, hanya saja salam tersebut tidak membatalkan jum'atan karena tidak memutuskan muwalah.
وَضَابِطُ الْمُوَالَاةِ اَنْ لَايَتَخَلَّلَ مَايَسَعُ رَكْعَتَيْنِ بِأَخَفَّ مُمْكِنٍ وَلَايَضُرُّتَخَلُّلُ الْوَعْظِ بَيْنَ الْاَرْكَانِ وَاِنْ طَاَل . نهايةالز ين 141
- PERTANYAAN
Pertanyaan : Ini ada suatu kejadian, ada orang baru saja masuk islam, suatu hari orang tuanya meninggal tetapi orang tua tadi agamanya lain, yang saya tanyakan bagaimana cara mendo'akannya dan apakah do'a sang anak tadi bisa sampai pada orang tuanya ?
JAWAB
Tidak, karena beda aqidah
مَاكَا نَ النَّبِيُّ وَالّذِيْنَ أمَنُوْاأَنْ يَسْتَغْفِرُوْا لِلْمُشْرِكِيْنَ وَلَوْكَانُوْااُولِي قُرْبى التوبة 113
- PERTANYAAN
Sang suami yang meminum air susu istrinya hukumnya bagaimana, setelah itu halalkah dikumpuli karena saudara sesusuan haram di nikah ?
JAWAB
Hukumnya tidak apa-apa, karena tidak menjadikan / menyebabkan saudara tunggal roudlo' ( susuwan ) sebab syarat untuk menjadi saudara sesusuwan ada dua yang pertama usianya sebelum dua tahun, kedua lima kali sedotan dan kesemuanya masuk kedalam perut anak tersebut.
وَاِذَا اَرْضَعَتْ المَرْأَةُ بِلَبَنِهَا وَلَدًا صَارَ الرَّضِْيعُ وَلَدَهَا بِشَرْطَيْنِ اَحَدَهُمَا اَنْ يَكُوْنَ لَهُ دَوْنَ الحَوْلَيْنِ وَالثَّانِى اَنْ تَرْضَعَهُ خَمْسَ رَضَعَاتٍ مُتَفَرِّقَةٍ وَاصِلَةٍ جَوْفَ الرَّضِيْعِ .باجوري 2 ص 182-183
- PERTANYAAN
Bagaimana hukumnya bila menjual binatang yang telah mati ? (bangkai)
JAWAB
Hukumnya harom
وَلَايَصِحُّ بَيْعُ نَجَسِ الْعَيْنِ وَلَامُتَنَجِّسٍ لَا يُمْكِنُ تَطْهِيْرُهُ بِالْغُسْلِ اِسْتِقْلَا لًا بِخِلَا فِهِ تَبَعًا. باجوري.1.ص 341
(قَوْلُهُ كَمَيْتَةٍ )مَعْطُوْفٍ عَلى قَوْلِه كَرَوْثٍ وَهِيَ مَازَالَتْ حَيَاتُهَا لَا بِذَكَاةٍشَرْعِيَّةٍ,فَيَدْ خَلُ مَا مَاتَ بِحَنَقِ اَنْفِهِ مِنْ مَأْكُوْلٍ وَغَيْرِهِ وَمَا ذُكِيَ مِنْ غَيْرِ الْمَأْكُوْلِ وَمَا ذُكِيَ مِنْهُ مَعَ فَقْدِ الشَّرْطِ. اعا نة الطالبين 1 ص 89
قال تعالى : حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ..( المائدة 3)
- PERTANYAAN
Bagaimana hukumnya makan makanan yang bercampur saren (dideh)
JAWAB
Hukumnya harom
قَوْلُهُ (ودم) بِالْجَرِّ اَيْضًا عَطْفٌ عَلَى رَوْثٍ فَهُوَ نَجَسٌ
اعانة الطالبين1 ص 83
قال تعالى : حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ..( المائدة 3)
- PERTANYAAN
Bagaimana hukumnya seseorang yang sedang haid mengajar TPQ dimasjid ? dalam keadaan terpaksa
JAWAB
Mengajarnya boleh asal tidak niat baca Al-Qur'an tapi tidak didalam masjid yakni harus diluar masjid / srambi
وَيَحْرُمُ بِالْجَنَابَةِ الْمُكْثُ فِى الْمَسْجِدِ وَقِرَأَةُ قُرْأنٍ بِقَصْدِهِ وَلَوْبَعْضَ أيَةٍ ِبحَيْثُ يَسْمَعُ نَفْسَه. اعانة الطالبين 1ص 69 وَفِي اِعَانَةِ الطَّالِبَيْنَ 1 ص 82 عِبَارَةٌ وَهِيَ وَيَحْرُمُ بِه اى بِالْحَيْضِ مَا يَحْرُمُ بِالْجَنَابَةِ.
- PERTANYAAN
Apakah diperbolehkan seorang istri keluar rumah memakai pakaian mewah dan berdandan tanpa seizin dari suaminya ?
JAWAB
Tidak diperbolehkan / haram
وَقَالَ عَبْدُالرَّحْمن ابْنُ عَوْفٍ رَضِىَ الله عَنْهُ سَمِعْتُ رَسُوْلَ الله صلي الله عليه وسلم يَقُوْلُ: أَيُّمَاامرأةٍعَبَسَتْ فِى زَوْجِهَااِلَّاقَامَتْ مِنْ قَبْرِهَامُسْوَدَّةَالْوَجْهِ وَاَيُّمَاامرَاَةٍخَرَجَتْ مِنْ دَارِهَابِغَيْرِاِذْنِ زَوْجِهَالَعَنَتْهَاالْمَلَائِ
- PERTANYAAN
Ada aliran yang mengatakan bahwa daging anjing halal dimakan asal cara menyembelihnya mengucap basmalah, bagaimana hukum yang benar ?
JAWAB
Hukum yang benar anjing haram, karena termasuk hewan buas
وَيَحْرُمُ مِنَ السبَاعِ مَاله نابٌ اى سِنٌّ يَعْدُوْبِه على الحيوانِ كَاَ سَدٍ وَنَمرٍالى ان قال والكلبِ والخنزيرِوالفَهْدِ وابنِ اوى . باجورى جز2 ص 192-193
- PERTANYAAN
Air liur anjing dikatakan tidak najis apabila tidak terkena bejana, mohon penjelasan najis / tidak.
JAWAB
Yang jelas air liur anjing itu najis berdasarkan hadis nabi yang kami nukil dari kitab I'anah juzz 1 hal. 92.
قوله وَكَكَلْبٍ اى وَلَوْمُعَلَّمًالخبرِمسلمٍ : طَهُوْرُاِنَاءِ احدِكُمْ اِذَاوَلَغَ فِيْهِ الْكَلْبُ اَنْ يَغْسِلَهُ سَبْعَ مَرَّاتٍ اُوْلَا هُنَّ بِالتُّرَبِ ,وَجْهُ الدِّلَالَةِ اَنّ الطهارةَ اِمَّالِحَدَثٍ اَوْخَبَثٍ اَوْتَكْرِمَةٍوَلَاحَدَثَ عَلَى الْاِنَاءِ ولاتكرمةَ فَتَعَيَّنَتْ طَهَارَةُالْخَبَثِ فَثَبَتَتْ نَجَاسَةَ فَمِهِ
- PERTANYAAN
Apa hukumnya bagi orang islam memanjakan kuku ?
JAWAB
Boleh tapi makruh, dengan syarat tidak mendatangkan atau menyimpan kotoran yang menyebabkan air tidak masuk mengenai kulit, sehingga menyebabkan tidak sahnya wudlu / mandi besar.
وَكَذَا يُشْتَرَطُ على مَاجَزَمَ بِه كثيرونَ اَنْ لَايَكُوْ نَ وَسَخٌ تَحْتَ ظُفْرٍيَمْنَعُ وُصُوْلَ المْاَءِتَحْتَه خِلاَفاًلِجَمْعٍ مِنْهُمْ الْغَزَالى والزَّرْكَشِى وَغَيْرُهُمَا وَاَطَالُوافِى تَرْجِيْحِهِ (قوله واطالوا) اى مُسْتَدِلِّيْنَ بِاَنّه صلعم كَانَ يَأْ مُرُبِتَقْلِيْمِ الْاَظْفَارِوَرَمْىِ مَاتَحْتَهَا. ا عانه.351
- PERTANYAAN
Bagaimana hukumnya menjual kotoran sapi untuk pupuk ?
JAWAB
Hukumnya tidak sah, karena barang najis kecuali kalau hanya sekedar untuk ongkos tenaga pemindahan barang tersebut ( Ket dari kitab Bajuri juz 1 hal 341
فَلَا يَصِحُّ بَيْعُ نجسِ الْعَيْنِ وَلَايُمْكِنُ تَطْهِيْرُهُ بِالْغُسْلِ اِسْتِقْلَالًا بِخِلَافِه تَبَعًااِلَى اَنْ قَاَلَ وَالَّذِى حَقَّقَهُ اِبْنُ قَاسِمٍ أن الْمَبِيْعَ هُوَالطَّاهِرُفَقَطْ والنجس ماخوذٌبحكمِ نقلِ اليدِعَنِ الْاِخْتِصَاصِ فَهُوَغَيْرُمَبِيْعٍ وَاِنْ قَابَلَه جُزْءٌ مِنَ الثَّمَنِ